one step closer to be Jakarta citizen

birokrasi..

hoaaaaam..

paling males berurusan sama instansi pemerintahan, klo bisa di skip mending skip aja, tapi kan yaaaaah ga bisa begitu, peraturan ya tetap harus di jalani…

sebagai warga Madiun tercinta, ktp, sim, dan lain lain punyanya pundhi masih keluaran madiun..

setelah nikah mau bikin ktp jakarta donk, kadaluarsa juga udah itu ktp, tanya punya tanya, kudu ada skck dari kepolisian madiun dan tentunya surat pindah dari madiun, entah dari kabupaten atau apa.. (ketauan banget ga ngerti urusan dan susunan kenegaraan :D).

Truuus kita ngelobby pak RT, kebetulan baru, jadi dia pdkt ke warganya, dan warganya nyari-nyari kesempatan ke pak rt nya. haha. lingkaran setan. gw to the point aja sama beliau. pengen bikin KTP jakarta tapi ga bisa kasih lampiran skck dan surat pindah dan lain lain nya.

beliau bilang. ok. bisa. tapi ada biayanya. ok lah.

pemikiran gw ama pundhi yaudalah daripada balik madiun, ga bisa cuti, makan waktu, biaya pasti lebih besar.

tarif pertama yang tersebut oleh pak rt adalah Rp 200.000

muraaaaaaaaaaaah…

tapiiii.. tunggu dulu…

ga segampang itu, kita kudu kasih ktp asli which is sudah kami kirim ke madiun ketika exp date nya habis, untuk keperluan ngurus surat pindah, tapi kami urungkan ngurus-ngurus gituan.

butuh juga akte lahir… nah ini juga menjadi drama sendiri di keluarga kecil kami, ampe sekarang catatan sipil nahan surat nikah gw ama pundhi gara-gara belom kasih fotocopyan akte lahir pundhi, nah akte lahir nya pundhi hilaaaang 😥 dan skrg ibu di madiun lagi berjibaku dengan (lagi-lagi) instansi pemerintahan. ini uda abis biaya besar banget. ampe ke pengadilan segala. *lap keringet*

ga hilang akal, akhirnya gw kasih pak rt fotokopi ktp ter legalisir (bekas dulu ngurus nikahan) dan ijasah pundhi.

pas pak rt ambil berkas-berkas itu ke rumah, ternyata biayanya naik.. katanya harus bayar ini ono…harus bikin surat kehilangan ktp di polisi (ternyata pak rt bilang ke orang kelurahan klo ktp n akter pundhi ilang), beli materai.. beliau minta tambahan Rp 150.000

di tawar… beliau terima penawarannya..

jadi ngasih lagi Rp 100.000

jadi udah berapa tuh??

sudah Rp 300.000

dan tadi pagiiiii.. pundhi foto ktp di kelurahan dan konon katanya sore ini jadi… amin sodara-sodaraaaaaa… *pasang conveti*

tapiiiii… pak rt minta biaya tambahan.. 😦

pas di tanya untuk, beliau memaparkan banyak alasan… belom tau nih minta berapa.. semoga ga banyak yaaah.. klo Rp 50.000 yaudahlah.. klo minta Rp 100.000 ??? harus di tawar lagiiii ini maaaaah…

fiuuuuh (lagi)….

abis ini bakalan drama lagi ngurus akte lahir anak gw… lah akte bapaknya aja masih hilang dan surat nikah masiiiih di tahan orang catatan sipil.. bagaimana iniiiii??

ya Tuhaaaaaaaaaaan.. bener-bener minta bantuaaaaaan..

maafin kami juga yaaaa.. kami nyogok..

😀

heyhooo Jakarta, bakalan nambah 2 warga nih… pundhi sama our baby boy.. hihihi 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s