jedi’s path #2

1. paling ga sabar kalau mau diajak pergi

1. paling ga sabar kalau mau diajak pergi

2. halooooo

2. halooooo

3. revisi tahun harusnya 2013

3. revisi tahun harusnya 2013

4. mendamaikan hati melihat jedi pules kaya gini

4. mendamaikan hati melihat jedi pules kaya gini

5. kupluk buatan mba utiek

5. kupluk buatan mba utiek

6. tingkat kegantengan nambah kalau pake kupluk.

6. tingkat kegantengan nambah kalau pake kupluk.

7. ketika lagi tester pakai highchair merk informa

7. ketika lagi tester pakai highchair merk informa

8. tertidur pulas di kantor mama

8. tertidur pulas di kantor mama

9. makanan favorit saat ini adalah tangan dan kaki

9. makanan favorit saat ini adalah tangan dan kaki

10. im JEDI MASTER

10. im JEDI MASTER

Dermatitis Atopik?

dermatitis atopik?

dermatitis atopik?

Ke dokter udah biasa. Ke dokter kulit dan kelamin baru pertama kali gw lakukan. Ngeri banget ke dokter kulit. Kayanya gimana gitu kalau ada yang terjadi sesuatu di kulit, apalagi kelamin yaaaaaa.. amit-amit..

Jadi ceritanya gini, bulan lalu tangan gw ada merah-merah, gatel banget. Dikasih salep sama mama (enaknya punya mama kerja di apotik ya kaya gini, ga perlu ke dokter dulu kalau ga parah banget), terus sembuh tuh. Masih berbekas sih agak-agak kehitaman. Lalu minggu ini muncul lagi merah-merah di tempat yang sama, gatel banget, pake salep, ga sembuh juga, makin lama makin banyak dan lebar, baiklah, sudah waktunya ke dokter, takutnya itu menular doank sih. Kasian jedi.

Ternyata gw mengalami penyakit ini, dermatitis atopik. Auwooooo.. Dulu di milis bayi, pernah baca, ada ibu yang anaknya mengalami kendala ini. Nah, gw pikir dermatitis atopik itu Cuma terjadi pada anak bayi atau balita saja. Ternyataaaaa… gw pun terkena… –hening-

Apakah itu dermatitis atopik?

Dermatitis Atopik / Eczema Atopic atau hanya disebut eczema / EKSIM, adalah ruam kulit yang timbul pada orang tertentu dengan kulit sensitif dan mudah teriritasi. Umumnya eczema terjadi pada bayi dan anak-anak kecil dan dapat menghilang sebelum masa dewasa.

kurang dewasa apa coba gw.. haha.. yah namanya penyakit kan ga ada yang tau yah gimana-gimana dan kenapa-kenapa nya..

gw ke dokter I made wisnu, spkk di kimia farma radio dalam. Menurut beliau kenapa gw bisa terkena penyakit ini karena faktor genetik yang diturunkan ke gw entah dari buyut gw yang mana. Dan faktor genetik ini bisa “didapatkan” di kulit (dermatitis atopik), hidung (jadi sering bersin-bersin) dan bisa di paru-paru dan itu namanya asma. Lalu, selain keturunan, kulit gw kering banget, makanya bisa dapet dermatitis atopik ini.

Obatnya mahal boooo, diresepkan 3 obat minum dan 1 salep. Huhuhu. Bener akat orang kalau uda urusannya sama kulit pasti mahal deeeeeh. Ga sedep banget alergi, gw pikir uda tua bangka gini ga bakal kena alergi.

Dokter made kasih saran, karena kulit gw kering, gw ga boleh mandi pakai air yang terlalu panas, kalau bisa mandinya pake air dingin aja. Pas handukan juga jangan digosok terlalu keras, ditotol2 aja. Pakai body lotion atau cream moisturizer yang melembabkan. Trus kalau keringetan langsung di basuh air, ga usah gaya-gayaan pake tisu basah, disarankan sedia washlap di kantor. Dan, ga usah gaya-gayaan (juga) pake plester yang wana putih itu, toh penyakit kulit ini tidak menular, malahan plester putih itu jadi pencetus alergi juga. Hadoh!!

Semoga (saya) cepat sembuh (total), amin..

bersyukur

Ketika gw merasa keadaan gw yang paling parah ternyata masih ada yang lebih parah lagi. Sangat bersyukur, bisa tiduran di rumah, meskipun masih numpang di rumah mama. Ga keujanan. Ga kelaperan. Ga kedinginan. Ga di gigitin nyamuk. Ga usah takut kebanjiran karena hujan turun terus menerus. anak gw sehat. Mama sehat. Mereka sudah tidur pulas. Meskipun suami masih kerja, bearti bukan pengangguran. Meskipun uang pas-pasan tapi masih cukup. Semua tercukupi. nyaman. Aman. Terimakasih Tuhan. Benar benar tidak bisa berhenti bersyukur. Sabar yah buat temanteman yang kebanjiran dan harus ngungsi. Buat yang terjebak disuatu tempat karena hujan badai. Cuma bisa bilang sabar. Ga bisa bantu hal lain selain buang sampah pada tempatnya. Semangat!

View on Path

JEDI – FIVE MONTHS

jedi - five months

jedi – five months

begini nih kalau niat sama ga ada waktu berbanding lurus.. niat mah udah dari kapan tau, waktunya yang ga ada..

yeah!!! satu bulan lagi jedi lulus ASI eksklusif. satu bulan lagi jedi makaaaaaaaan.. *merinding*

masih berasa mualnya pas hamil. masih berasa pegelnya pas hamil. masih berasa ketika nunggu pembukaan eeeh ga maju-maju tuh bukaan, dan yang paling hiiiits masih berasa nih “bekas” caesar kalau ditendang jedi. hahaha

sekarang jedi uda 5 bulan.

makin banyak akalnya. makin gemesin. makin bisa diajak ngomong. makin bisa diajak main.

pencapaiannya apa? udah jatoh doooonk dari kasur. kurang lebih dari ketinggian 25cm lah. nangis kejer. (kaget kali yah). pas di cek kepalanya ga ada yang benjol sih. tangannya juga ga ada yang luka atau lebam. hati rasanya langsung meloncat berhamburan. sedih banget… gw observe apakah setelah itu muntah, puji tuhan sampe detik ini ga muntah.

selain pencapaian yang ga enak itu. (dan mari kita lupakan jedi pernah jatoh dari kasur lebih tepatnya). jedi udah bisa merangkak tapi perutnya masih nyentuh kasur. apa yah itu istilahnya? merangkak tapi diseret-seret. udah bisa “gongangong”, nungging-nungging. poopnya udah 2 hari sekali. teratur sekali, kalau ga pagi, dia pasti poopnya sore. gw seneng jedi anaknya ga rewel. orang-orang banyak kalau ketemu jedi pasti bilangnya anak ini anak yang anteng. sumeeeeh. hehe. nyengir aja kalau diajak berkomunikasi. uda demen gigit-gigit barang. uda bisa ambil barang yang ada di dekat dia. uda bisa detek bunyi-bunyian ada di sebelah mana. uda bisa lihat kalau diunjukin barang atau diajak ngomong.

benda yang menjadi ambisinya untuk didapatkan adalah remot TV sampe HP mama papanya. hahahaha. sementara ini dia suka sekali isep-isep tangan nya, kalau bisa dimasukin 10 jarinya pasti dimasukin. isep-isep kaki. sama mainannya deh smeua dilahap. haha

juteknya gimana? yah itu sih udah turunan dari emak bapaknya yang jutek. kalau jedi lagi tidur trus ada yang dateng ngebangunin dia, dia pasti jutek banget mukanya. itu aja sih yang bikin dia ga ketawa sama sekali. sisanya dia anak yang baik.

kalau mandi. dia pasti ada sesi mandi sambil berdiri. lagi demen banget diri. demen banget guling-guling. musti lebih hati-hati lagi. bener-bener ga boleh ditinggal meskipun lagi tidur. cara nenenya juga sudah lebih bervariatif. gigit-gigit gemes PD mamanya (sakit  kan yah buuuuu?) elus-elus mamanya. buka-buka baju mamanya. tarik-tarik BHnya. hahaha. bapaknya sampe iri.

PR kami adalah membuat dia bisa duduk dan merangkak beneran (dalam arti yang sebenarnya tidak di seret-seret).

teruuuuus, waktu itu sempet ke posyandu, pertama kalinya ke posyandu seneng banget, berasa banget jadi ibu-ibunya. hahaha, cuma bayar 2000 rupiah dapet buku kesehatan ibu dan anak dan numpang nimbang. saat itu beratnya jedi 8kg. ga dapet snack karena jedi kan belom makan. padahal emaknya ngarep dapet snack-snack lucu ituuuu. huhuhu

bulan depan jedi udah mulai MPASI. uda nelepon dokter made sih, nanya gimana enaknya. lalu beliau menyarankan ke klinik laktasi KMC, belajar dulu disana. itu belom terlaksana. kenapa? yaituuuu, waktuuuuuu waktuuuuuuuuuuu.

terus belom belanja apa-apa. ada masukan ga harus beli apa untuk MPASI jedi?