TIPS TRAVELING MEMBAWA BAYI

iya BAYI bukan BALITA bukan BATITA. sebelum berangkat traveling kemarin disempet-sempetin browsing-browsing tips membawa anak bayi traveling, susyeh dapetnya, malah boleh dikatakan ga ada sama sekali yang share mengenai ini, kebanyakan umur anaknya 2 tahun ke atas. nah tergeraklah saya untuk membuat postingan ini. selain bisa membantu ibu-ibu mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat, bisa juga jadi bahan “ingatan” orang yang short term memory seperti saya ini. haha

usia Jedi 7 bulan 2 minggu ketika saya dan pundhi ajak outing bareng dari kantor ke Shenzhen dan Hongkong 13-17 maret 2014. take off dari soeta jam 23:00 – sampai Hongkong jam 6 waktu setempat dan pulang kembali take off dari hongkong jam 4 waktu setempat sampai jakarta jam 8 malam.. hongkong ke shenzhen 1 jam via bis. di imigrasinya yg lama. ngantriiiiiii… siap-siap pegel..

jadi… apa-apa saja yang saya siapkan? here we go…

1. stroller

bawalah stoller sendiri. karena ga semua tempat wisata ada penyewaan stroller dan kenapa harus bawa stroller? kasian kan kalau bayi nya tidur trus di gendong terus. enaknya kan bisa bebas tidur ngulet-ngulet meskipun di stoller yaaa. lalu kalau bayi nya minta gendong, itu stoller bisa jadi tempat tas dan barang belanjaan. hahahahaha..

kalau stroller anda berat, sewa saja lah. stroller pinjeman dari cici yang dipakai sehari-hari sama jedi beratnya 8 kg saja sodara-sodara.. jadi saya sewa donk, online, biayanya 150.000 sebulan + ongkir antar jemput 35.000 sekali jalan. jadi total hanya 220.000. enteng barangnya, merknya Cocolatte new life. pengoprasiannya juga mudah, simple.

 

stoller cocolatte new life

stoller cocolatte new life

2. gendongan – kangguru

ibu-ibu menyusui macam saya sangat dibantu sekali oleh adanya gendongan kangguru. gendong bisa sambil nenen. kalau sudah tidur, tinggal kita taro ke stroller. kalau mau bawa gendongan batik juga boleh bu. saya sih ga bawa karena ga bisa pake gendongan batik, pasti melorot terus. blame me! lalu, bulan maret udaranya shenzhen dan hongkong masih agak dingin 16-19 dercel, gendongan kangguru bisa membantu menghangatkan bayi anda, peluk dalam dekapan kita atau suami. kedengeranya mah ga dingin yah 16 derajat ma sama ama suhu kamar yang pakai AC, tapi percaya pada rudy saya, dingin ibu-ibuuuuu. bener deh. benerrrr…

gendongan kangguru

gendongan kangguru

3. baju, celana, jaket.

karena udaranya 16-19 dercel, saya stock baju sleepwear. kalau dirasa masih kedinginan, tinggal dipakaikan jaket tebal/ sweater dan celana panjang bahan atau jeans. kalau bayinya perempuan mungkin bisa pakai legging yang unyu-unyu itu yah.

4. backpack/ tas

bawa bayi, lupakan tas michael kors, kate spade, LV, gucci dan teman-temannya. bawalah tas gemblok yang kuat dan bisa muat banyak. saya membawa tas berisi perlengkapan perang jedi. dan pundhi membawa tas berisi kabel-kabelan, power bank, obat-obatan dan kamera. plus tas kecil khusus berisi dompet, pasport dan hape.

5. makanan/ mpasi

saya membawa snack baby choice dan gerber rasa strawberry n apel. sekantung oatmeal. 3 butir pisang (dimasukan ke kotak tupperware) untuk jaga-jaga sehari ga ketemu buah, dan makanan utama membawa produk heinz dan gerber, saya memilih jenis nya yang ada daging beef atau ayam. tapi ga usah khawatir, di hotel (makan pagi) selalu ada bubur, sayur dan buah. makan siang dan malam baru memakai heinz. jadi oatmeal ga terpakai dan pisang mamanya yang makan. hahaha. kalau naik garuda juga di kasih heinz kog, tapi pasrah dikasih yang mana rasanya. makan siang dan malam juga kalau di menu ada yang bisa di kasih ke bayi juga boleh, di cobain dulu ya sebelumnya. jedi kan uda bisa makan nasi lembek, jadi kalau ada tahu, ayam, sup, atau apalah yang kira-kira bisa untuk bayi tinggal gw suapin pakai sumpit. hahaha. boleh ya no gulgar di lupakan sebentar. dalam nama Tuhan bayi kita akan baik-baik saja.

6. obat

bawalah paracetamol, obat flu, batuk, byebyefever, transpulmin dan lainlain sesuai dengan bayi anda, terpakai atau tidak tetap harus dibawa.

7. perlengkapan perang

yang dimaksud perlengkapan perang adalah perlengkapan ketika si bayi poop atau mau ganti baju.

– diapes. bawa diapers pants saja, lupakan diapers tape dalam berlibur. kemairn jedi bawa pampers pants isi 20. 5 hari perjalanan masih bisa bawa pulang sisanya.

– sepasang baju + kaos kutang

– sepatu, kaos kaki

– kantong printilan. berisi: minyak telon. cream. cotton buds. termometer.

– tissue basah. saya bawa cussons bathing wipes. simple. bentuknya kaya washlap. jadi klo poop atau ga sempet mandi bisa langung di elap-elap. ringkes. higienis.

cussons bathing wipes

cussons bathing wipes

– tissue kering

– perlengkapan makan. mangkok bertutup. sendok yang ada tempatnya. botol minum. plastik zipper

– kantong plastik kecil untuk buang sampah diapers.

– jaket tebal. asumsi nya kalau udara terlalu dingin jaket nya bisa di double.

semuanya saya masukan ke kantong masing-masing jadi kalau mau makan, tinggal ambil kantong perlengkapan makan, kalau poop tinggal keluarin kantong printilan, dan duo tissue + diapers.

8. mainan

bawalah mainan yang ga besar dan ga kecil. mainan favoritnya 2-3 mainan. biar ga bosen di jalan/ pesawat. kalau niak garuda di baby kits nya ada bebek karet kecil yang bisa bunyi-bunyi itu.

dapet bebek karet

dapet bebek karet

9. earmuff

untuk di pesawat atau kalau terlihat bayi kita kedinginan ketika di suatu tempat.

earmuff

earmuff

10. sarung tangan

kalau menemukan sarung tangan kecil boleh di bawa. udaranya dingin bisa menghangatkan si bayi. berhubung kemarin udah ngubek-ngubek segala tempat ga ketemu juga jadi saya sih ga bawa.

11. tempat duduk di pesawat.

pilihlah bangku paling depan. jadi bisa ngedeprok kalau ganti diapers. hahahahaha. cekin lebih awal. infokan kalau membawa bayi dan stoller. stroller akan diberi label dan baru akan diambil crew ketika kita masuk pesawat. ketika mendarat tergantung crewnya, ada yang di siapkan di garbarata pas keluar peswat atau kalau pesawatnya parkir jauh dan kita musti naik bis, ambil stoller nya di conveyor.

basisnet: ini untuk BB max 9kg. kalau uda mendekati ga usah pakai ini. pangku saja. takut jatuuuh bu.

kalau pesawatnya kosong kita di perbolehkan menidurkan bayi di bangku kosong itu. pas pergi jedi gw tidurin di 2 bangku, diganjel pakai bantal dan selimut. pules les les les.

tidur pakai gaya begini maksimal abis..

tidur pakai gaya begini maksimal abis..

jedi tidur pules

jedi tidur pules

segitu aja kog.. bayak yah bawaannya? ya begitulah..

kemarin total nya saya membawa 2 koper medium. 2 backpack. 1 travel bag (isinya baju kotor). dan 1 stroller.

kiranya itu yang bisa saya share.. selamat berjalan-jalan yaaaa.. jangan lupa oleh-oleh… 😀

 

 

Advertisements

2 thoughts on “TIPS TRAVELING MEMBAWA BAYI

  1. pokoknya kalo traveling ama anak kecil, prinsip bawaannya sih more is better dah. daripada kekurangan ini itu, mendingan bawa kebanyakan. hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s