JEDI – 8 MONTHS

image

Duileh anaknya uda mau 9 bulan baru posting ‘tumbang’ yg 8 bulan. Hihi
Maapin mama yah nak..
8bulan.. Beratnya 9 kg. Panjangnya 70 cm. Ga nambah-nambah nih panjangnya. Lingkar kepala (kalau ga salah inget) 45 cm. Ga berubah juga. Gigi juga baru 2, yang bawah. Lumayan nikmat kalau digigitnya. Apalagi kalau lagi nenen. Untungnya ga sampe luka (lagi), kaya dulu baru-baru nyusuin. (Tutup mata)
Kelakuannya makin laki banget, tiduran-terlentang-tengkurep-duduk-berlutut-nungging udah bisa sendiri. Berdiri harus ada bantuan atau penyangga. nenen sambil akrobat, nenen sambil ngorek-ngorek bibir atau hidung mama nya. Kalau ga mau diayunan, jedi uda bisa menjatuhkan dirinya ke kasur, jungkir balik booow, bikin nafas tertahan kalau melihatnya. Merembet sana sini. Potong kuku makin susah. Antusias sama barang-barang sekitar. Dikorek-korek abis itu masuk mulut. Semua tampak enak mungkin. Hmmm. Pokoknya yang jagain bakal makin kurus deh. Hahaha. Mau coba ga?
Soal makan, ga susah susah banget, ga gampang-gampang banget. Intinya jedi ga suka makanan di saring atau blender. Thankyou naaak, peralatan masak jadi dikit, cuci piring pun jadi sedikit kaaaan. *wink*
ASIP yang diminum pas mamanya kerja juga sudah berkurang. Sekarang kurang lebih cuma 300ml. Makan 2 kali (kadang ga habis). Biskuit tak terhingga (favoritnya nih). Uda bisa makan yang digoreng, taoi terakhir makan yang digoreng tuh potato cake buatan mamanya, eh besoknya demam, 5hari, untung ga sempet cek darah uda pulih. Takutnya sakit tenggorokan, radang, jadi balik lagi ke rebus dan kukus.
Vaksinasi, terakhir vaksin PVC dan influenza. Next vaksin 9bulan, vaksin campak.
Sekian. Hehehehe
Bagi resep bikin biskuit bayi donk donk donk atau puding deeeeh, kan uda bisa makan yogurt….. #ihik

MPASI JEDI – PERMULAAN dan RESEP 6, 7 dan 8 BULAN

ihik!

mau gaya-gayaan posting resep MPASI. jadi kerjaan gw tiap sebelum tidur atau bangun tdur menghayal mau masak apalagi yah buat makan jedi hari ini. inget-inget dikulkas ada apa aja. sekarang jedi umur 8 bulan 2 minggu uda ga makan bubur saring atau blender sejak dia berumur 7 bulan. kenapa 1, emaknya males cuci piring kaaaak, plus kan katanya lebih bagus yah naikin tekstur, supaya gigi cepat numbuh dan menstimulus bayi supaya ceoat berbiacara, ya at least cuap cuap yang cuma dia sama Tuhan yang tahu apa artinya. hahaha..

jadi gini modal alat-alat gw cuma: satu food set pigeon dari kado lahiran, talenan, pisau, parutan kecil, saringan kawat berukuran sedang, mangkok-mangkok tupperware bertutup, blender, kukusan, spatula buat ngaduk-ngaduk masakan dan panci.

untuk working mom kaya saya yang bisa masuk agak siang masaknya pagi sekaligus untuk 3x makan. kecuali sabtu minggu bisa deh sarapannya di buat beda kalau ga males.

gw penganut pakem WHO yang langsung ngenalin makanan dengan gizi lengkap, bukannya pengikut pakem BLW atau FOOD COMBINING dan juga bukannya seorang ibu yang anti pati terhadap garam dan gula. gw udah nanya sama dokter laktasi dan dokter anaknnya jedi, garam gula its ok selama ngasihnya ga sekilo sekali makan aka dikit mah gapapalahyaw…

berbekal konsultasi dengan dokter laktasi di daerah kemang (yaelaaaaa, kaga usah disamarkan udah ketauan tuh rumahsakit apaan), saya ga mengenal slowcooker, jadi kalau yang lagi nyari resep menggunakan slowcooker maaf saya ga bisa membantu anda 🙂 lalu, mulai MPASI TEPAT umur anak 6 bulan, tidak kurang tidak lebih, seminggu pertama perkenalan makanan tunggal, pembagiannya pagi makanan mengandung karbohidrat, siang sayuran dan sore makanan yang mengandung protein nabati atau hewani.

ini dia tabel seminggu pertama MPASI jedi. start usia 6 bulan:

 Februari Rabu. 5 Kamis. 6 Jumat. 7 Sabtu. 8 Minggu. 9 Senin. 10 Selasa. 11
pagi beras putih labu parang ubi kabocha oatmeal kentang jagung
siang zucchini wotel bayem hijau buncis tomat brokoli lani siam
sore telur kuning telur kuning telur kuning kacang merah kacang hijau tempe tahu
buah buah naga

dan ini tabel minggu kedua MPASI jedi:

 Februari Rabu. 12 Kamis. 13 Jumat. 14 Sabtu. 15 Minggu. 16 Senin. 17 Selasa. 18
pagi Nasi Putih
brokoli
wortel
tahu
ayam
Nasi Putih
brokoli
wortel
tahu
ayam
Kabocha
zucchini
wortel
kacang merah
ayam
Nasi putih
zucchini
wortel
kacang merah
ayam
oat meal
pisang
kentang
brokoli
wortel
kacang merah
salmon
siang Nasi Putih
brokoli
wortel
tahu
ayam
Nasi Putih
brokoli
wortel
tahu
ayam
Kabocha
zucchini
wortel
kacang merah
ayam
Nasi putih
zucchini
wortel
kacang merah
ayam
ikan dori kentang
brokoli
wortel
kacang merah
salmon
sore Nasi Putih
brokoli
wortel
tahu
ayam
Nasi Putih
brokoli
wortel
tahu
ayam
Kabocha
zucchini
wortel
kacang merah
ayam
Nasi putih
zucchini
wortel
kacang merah
ayam
oatmeal
ikan dori
kentang
brokoli
wortel
kacang merah
salmon
buah alpukat pir alpukat alpukat pisang pisang

selanjutnya silahkan dikreasikan sendiri ya buibu… semoga mendapatkan gambaran gimana mulai MPASI ala-ala mama jedi.

sekarang mau kasih resep kreasi seadanya dan sebatasnya mama jedi. untuk garam, gula, minyak, tekstur bisa di sesuaikan dengan usia anak ibu yah.. untuk oatmeal biru atau merah, minyak ELOO atau EVOO, butter unsalted atau salted, butter atau mentega, organik atau ngga, panci kramik, alumunium, pirex, teflon atau lainnya silahkan sesuaikan dengan kantong dan yang ada aja di kulkas dan rak piring ibu-ibu sekalian, ga usah ngoyo, ga bakal ditanya orang juga “bu, ibu pake kompor masak nya merk apa?” atau “bu, ibu pake gasnya yang 3kg atau 12 kg?” atau “bu, bawang putihnya yang tunggal atau yang siungnya banyak?” hahahha, itu contoh extreme yah….. lebay juga kalau ampe ada yang nanya segitunya…

dan ini lah resep-resepnya..

1. SCHOTEL KUKUS

Image

2. SOP BAKSO HIJAU

Image

3. NASI SAYUR HIJAU

Image

4. KENTANG SAYUR HIJAU

Image

5. SAYUR DAN IKAN KUKUS

Image

6. BUBUR OATMEAL IKAN KAKAP

Image

7. BUBUR OAT SALMON

Image

8. BUBUR AYAM PIR

Image

9. CREAMY SOUP MACARONI

Image

10. MUN TAHU BELUT

Image

11. BUBUR BELUT SAYURAN

Image

12. PERKEDEL PANGGANG

Image

bersambung yah.. untuk takaran dikira-kira yah, untuk sekali makan atau 3 kali, anaknya makan banyak atau ngga, pasti ibunya sendiri yang lebih paham. selamat mencoba, kasih tau gw yah kalau berhasil…. plus tukeran resep doooonk dah mulai buntu mau masak apa lagi ya?