JEDI – 11 MONTHS

image

Iyah nak, bulan depan kamu sudah 12 bulan atau setahun..
11 bulan sudah berdiri dengan gagah meskipun kamu masih takut untuk melangkah, kamu tetep berusaha mengangkat kaki mu dengan gembira.
11 bulan sudah makan nasi dan lauk seadanya, meskipun gigi kamu masih 4, kamu tetap mengunyah dan menelannya, ga pernah sekalipun kamu melepeh atau memuntahkan makanan hasil olahan mama mu ini.
11 bulan sudah semakin cerdik dan banyak sekali akal mu.
11 bulan sudah mengingat gaya-gaya sederhana yang kami ajarkan.
11 bulan sudah kamu berikan senyuman penuh cinta dalam hidup kami.

Kami sayang jedi, selalu ceria yah nak. Gembirakan sekitarmu.

image

image

Advertisements

JEDI – 10 MONTHS

Image

GABRIEL JEDI GUTI MARTANTO

10 bulan. tanggal 5 juni 2014. sekarang udah tanggal 23 juni, kemana aja bu?? hahaha.. ketahuan banget ga update.

giginya baru 4. hihi. kalau disuruh sikat gigi, malah dibuat main sikat giginya. gagal fokus. hahaha. gigit? sudah pasti. nenen mamanya udah jadi teether, idung dan kuping papanya, bahu oma nya juga. sakit banget gigitnya.

beratnya 10kg. tanggal 18 juni kemarin posyandu. numpang nimbang. aduh, geregetan sama posyandu, dari 3 macam timbangan yang ada hasilnya beda semua. akhirnya tuh ibu posyandu menetapkan berat jedi adalah 10 kg. gw cuma bisa ngelus dada. pak ahok, plis tolong bantu ini ganti timbangan bayi dan anak di semua posyandu. error pak!

jatuh uda berkali-kali donk. kepala, muka lebam, kaki biru-biru, tangan luka. laki! yah anak laki, kesana kemari, gw ga tau kalau anak perempuan kaya bola bekel juga apa ngga yah?

makan nya gimana? ga mau pake sendok.. 1-5 suap pake sendok, lancar, suapan ke 6, emoh! ga mau, buang muka, pake tangan donk, 6-10 suap lancar kembali. selanjutnya? pakai pertarungan. pakai keringat dan sedikit air mata. kata orang mungkin giginya mau numbuh lagi. amin deh!

sehat terus yah nak, tambah besar.. tambah pintar.. tambah cerdik, banyak akal, tambah hepi!

we love you!

you are my jedi master!

jedi master

jedi master

JEDI – 8 MONTHS

image

Duileh anaknya uda mau 9 bulan baru posting ‘tumbang’ yg 8 bulan. Hihi
Maapin mama yah nak..
8bulan.. Beratnya 9 kg. Panjangnya 70 cm. Ga nambah-nambah nih panjangnya. Lingkar kepala (kalau ga salah inget) 45 cm. Ga berubah juga. Gigi juga baru 2, yang bawah. Lumayan nikmat kalau digigitnya. Apalagi kalau lagi nenen. Untungnya ga sampe luka (lagi), kaya dulu baru-baru nyusuin. (Tutup mata)
Kelakuannya makin laki banget, tiduran-terlentang-tengkurep-duduk-berlutut-nungging udah bisa sendiri. Berdiri harus ada bantuan atau penyangga. nenen sambil akrobat, nenen sambil ngorek-ngorek bibir atau hidung mama nya. Kalau ga mau diayunan, jedi uda bisa menjatuhkan dirinya ke kasur, jungkir balik booow, bikin nafas tertahan kalau melihatnya. Merembet sana sini. Potong kuku makin susah. Antusias sama barang-barang sekitar. Dikorek-korek abis itu masuk mulut. Semua tampak enak mungkin. Hmmm. Pokoknya yang jagain bakal makin kurus deh. Hahaha. Mau coba ga?
Soal makan, ga susah susah banget, ga gampang-gampang banget. Intinya jedi ga suka makanan di saring atau blender. Thankyou naaak, peralatan masak jadi dikit, cuci piring pun jadi sedikit kaaaan. *wink*
ASIP yang diminum pas mamanya kerja juga sudah berkurang. Sekarang kurang lebih cuma 300ml. Makan 2 kali (kadang ga habis). Biskuit tak terhingga (favoritnya nih). Uda bisa makan yang digoreng, taoi terakhir makan yang digoreng tuh potato cake buatan mamanya, eh besoknya demam, 5hari, untung ga sempet cek darah uda pulih. Takutnya sakit tenggorokan, radang, jadi balik lagi ke rebus dan kukus.
Vaksinasi, terakhir vaksin PVC dan influenza. Next vaksin 9bulan, vaksin campak.
Sekian. Hehehehe
Bagi resep bikin biskuit bayi donk donk donk atau puding deeeeh, kan uda bisa makan yogurt….. #ihik

JEDI – SEVEN MONTHS

Bang kumis nge-calais...

Bang kumis nge-calais…

uda sebulan nih makan.. uda ngerasain masa GTM (gerakan tutup mulut) juga.. karena 2 minggu lalu sempet kena virus roseola, tiba-tiba panas, trus batuk.. hari kedua muncul bintik-bintik di perutnya, banyak.. patah hati.. hari ketiga makin banyak bintik-bintik nya, batuk pake pilek juga.. ke dokter, katanya kena virus yang nama nya bagus itu tampi penampakannya ga ada bagus-bagusnya sama sekali.. akhirnya untuk pertama kali di kasih resep puyer panas, batuk, pilek, plus obat virusnya.. itu ga mau makan, susyeh, mingkem, tutup mulut. ok deh!! ga ada pemaksaan, nenen hayuk, makan hayuk, ga mau hayuk, nyemil hayuk, ga mau hayuk, apa aja deh yang penting makan dikit. sampe sekarang manja-nya masih ketinggalan.. dari 9 kg turun menjadi 8,4kg, ga papa nak, 600 gram yang hilang entah kemana itu kita anggap saja hilang menjadi gigi. hihi. yess, gigi nya udah nimbul 2 yang bawah, jangan tanya rasanya ketika lagi nenen gemes. luar biasa ibu-ibu…

di usia menuju 7 bulan, jedi uda bisa ngenalin orang, mamanya yang mana, papanya, oma, kalau gw pulang kerja, uda ga mau sama siapa-siapa.. nempel, berdiri dari kasur aja di tangisin..

sempet nih ya, papanya keluar kota, sama oma ga mau, maunya sama mamanya, berhari-hari, akhirnya gw tepar. derita ibu-ibu maidless. masih untung ada oma, jadi meskipun nangis masih bisa gerak cuci cuci, masak-masak.

kemarin baksin PVC + influenza, beratnya 8,5 kg, panjang 70, lingkar kepala 45.

oia, jedi uda ga gw bikinin bubur saring atau blender. semua gw cincang, rebus sampe empuk. lebih suka kaya begitu. apalagi kalau di suapinnya pake tangan, makin lahap. say no to sendok. lekas besar nak, mari kita makan rendang bersama. hahahaha

buah kesukaanya adalah pisang. habis semua. ga pake lama.

kalau sayur, karbo, daging, minyak, butter bagi dia so-so lah, tergantung moodnya, pinter-pinter yang nyuapin..

semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat !!!

bagi resep MPASI dooooonk buuuuu…

jedi’s path #2

1. paling ga sabar kalau mau diajak pergi

1. paling ga sabar kalau mau diajak pergi

2. halooooo

2. halooooo

3. revisi tahun harusnya 2013

3. revisi tahun harusnya 2013

4. mendamaikan hati melihat jedi pules kaya gini

4. mendamaikan hati melihat jedi pules kaya gini

5. kupluk buatan mba utiek

5. kupluk buatan mba utiek

6. tingkat kegantengan nambah kalau pake kupluk.

6. tingkat kegantengan nambah kalau pake kupluk.

7. ketika lagi tester pakai highchair merk informa

7. ketika lagi tester pakai highchair merk informa

8. tertidur pulas di kantor mama

8. tertidur pulas di kantor mama

9. makanan favorit saat ini adalah tangan dan kaki

9. makanan favorit saat ini adalah tangan dan kaki

10. im JEDI MASTER

10. im JEDI MASTER

JEDI – FIVE MONTHS

jedi - five months

jedi – five months

begini nih kalau niat sama ga ada waktu berbanding lurus.. niat mah udah dari kapan tau, waktunya yang ga ada..

yeah!!! satu bulan lagi jedi lulus ASI eksklusif. satu bulan lagi jedi makaaaaaaaan.. *merinding*

masih berasa mualnya pas hamil. masih berasa pegelnya pas hamil. masih berasa ketika nunggu pembukaan eeeh ga maju-maju tuh bukaan, dan yang paling hiiiits masih berasa nih “bekas” caesar kalau ditendang jedi. hahaha

sekarang jedi uda 5 bulan.

makin banyak akalnya. makin gemesin. makin bisa diajak ngomong. makin bisa diajak main.

pencapaiannya apa? udah jatoh doooonk dari kasur. kurang lebih dari ketinggian 25cm lah. nangis kejer. (kaget kali yah). pas di cek kepalanya ga ada yang benjol sih. tangannya juga ga ada yang luka atau lebam. hati rasanya langsung meloncat berhamburan. sedih banget… gw observe apakah setelah itu muntah, puji tuhan sampe detik ini ga muntah.

selain pencapaian yang ga enak itu. (dan mari kita lupakan jedi pernah jatoh dari kasur lebih tepatnya). jedi udah bisa merangkak tapi perutnya masih nyentuh kasur. apa yah itu istilahnya? merangkak tapi diseret-seret. udah bisa “gongangong”, nungging-nungging. poopnya udah 2 hari sekali. teratur sekali, kalau ga pagi, dia pasti poopnya sore. gw seneng jedi anaknya ga rewel. orang-orang banyak kalau ketemu jedi pasti bilangnya anak ini anak yang anteng. sumeeeeh. hehe. nyengir aja kalau diajak berkomunikasi. uda demen gigit-gigit barang. uda bisa ambil barang yang ada di dekat dia. uda bisa detek bunyi-bunyian ada di sebelah mana. uda bisa lihat kalau diunjukin barang atau diajak ngomong.

benda yang menjadi ambisinya untuk didapatkan adalah remot TV sampe HP mama papanya. hahahaha. sementara ini dia suka sekali isep-isep tangan nya, kalau bisa dimasukin 10 jarinya pasti dimasukin. isep-isep kaki. sama mainannya deh smeua dilahap. haha

juteknya gimana? yah itu sih udah turunan dari emak bapaknya yang jutek. kalau jedi lagi tidur trus ada yang dateng ngebangunin dia, dia pasti jutek banget mukanya. itu aja sih yang bikin dia ga ketawa sama sekali. sisanya dia anak yang baik.

kalau mandi. dia pasti ada sesi mandi sambil berdiri. lagi demen banget diri. demen banget guling-guling. musti lebih hati-hati lagi. bener-bener ga boleh ditinggal meskipun lagi tidur. cara nenenya juga sudah lebih bervariatif. gigit-gigit gemes PD mamanya (sakit  kan yah buuuuu?) elus-elus mamanya. buka-buka baju mamanya. tarik-tarik BHnya. hahaha. bapaknya sampe iri.

PR kami adalah membuat dia bisa duduk dan merangkak beneran (dalam arti yang sebenarnya tidak di seret-seret).

teruuuuus, waktu itu sempet ke posyandu, pertama kalinya ke posyandu seneng banget, berasa banget jadi ibu-ibunya. hahaha, cuma bayar 2000 rupiah dapet buku kesehatan ibu dan anak dan numpang nimbang. saat itu beratnya jedi 8kg. ga dapet snack karena jedi kan belom makan. padahal emaknya ngarep dapet snack-snack lucu ituuuu. huhuhu

bulan depan jedi udah mulai MPASI. uda nelepon dokter made sih, nanya gimana enaknya. lalu beliau menyarankan ke klinik laktasi KMC, belajar dulu disana. itu belom terlaksana. kenapa? yaituuuu, waktuuuuuu waktuuuuuuuuuuu.

terus belom belanja apa-apa. ada masukan ga harus beli apa untuk MPASI jedi?

JEDI – THREE MONTHS

jedi three months

jedi three months

3 bulannya udah kapan tau, posting nya baru sekarang. hahaha. maafkan.. dari judul nya udah tau donk bearti gw uda harus masuk kerja. jadi selama ini babymoon sama jedi, khusus buat jedi seorang, emaknya belajar ninggal-ninggal jedi, jedi belajar juga minum asip pake dot. jadiiiii…

update berat, tinggi dan sebagainya belum tau berapa, karena jadwal ke dokter masih akhir bulan november ini untuk imunisasi DPT dan teman-temannya yang bagian kedua. lebih panjang dan lebih berat uda pasti, pinggang uda cepet panas kalau lama-lama gendong, thanks God jedi ini anaknya biasa di ajak ngobrol, jadi kalau uda ga kuat banget diomongin aja, “jedi, boboan di kasur yah, pinggang mama uda panas banget, nanti gendong lagi. *senyum*” 😀

uda bisa apa?

uda bisa miring-miring. belum bisa tengkurep sendiri, masih harus di bantu.

uda ngoceh-ngoceh sendiri.

uda bisa diajak ngobrol, meskipun dia jawabnya pake bahasa bayi.

uda bisa bobo sendiri. sometime kalau dia uda ngantuk banget, bisa bobo sendiri tanpa nenen dan gendong. kadang-kadang aja.

uda bisa pegang-pegang baju kita kalau di gendong. pegang mulut, muka. nge-jambak. tangannya uda mulai sering digunakan. pegang teether masih belum kuat. teether juga belom sering-sering dikunyah. kalau di kasih teether dipegang, jilat-jilat, trus lepas deh.

uda mau minum asip pake botol, selama ini mau minum pakai botol dan dot pigeon, pake botol dan dot nuby juga mau, tapi akhir-akhir mau ditinggal ngantor ngambek ga mau dot pigeon, agak keras memang (semoga yang kerja di pigeon/ agency nya baca, jadi bisa kasih insight nih. hihi) lalu, dotnya kita tuker pake dot huki yang ujungnya gepeng, thanks to mami vani yang uda kasih tau keberadaan dot itu. klo ngga kewalahan deh. kenapa ga pake softcup, cupfeeder, sendok, pipet, spout, dll. hehehe. ini the power of sayang ibu sama sayang anak. jadi win win solutionnya pake dot.

uda bisa apa lagi yah.. ummm.

oiaaa, anak ini kan kepo banget yaaah, kepo ternyata genetik juga nih, jadi klo kita lagi liat hape, dia pasti liat layar hape kita juga, dengan tatapan pengen tau banget. nanti kapan-kapan gw foto yah. lucu banget.

uda bisa nonton tv. hihihi. jedi suka sama pocoyo, sama guritanya tuh, bisa ketawa ngakak.

sekian… sampai jumpa di update selanjutnyaaaaa…

jedi minum ASIP

jedi minum ASIP

nonton dulu yaaaa

nonton dulu yaaaa